Saturday, May 4, 2013

Air Dalam Kemasan

Air Dalam Kemasan
Air Dalam Kemasan


Air dalam botol atau kemasan biasa dipasarkan sebagai minuman yang lebih bersih daripada air biasa. Di Amerika dan sebagian negara maju lain, penduduknya bisa langsung meminum air dari keran karena memang dipersiapkan untuk bisa langsung dikonsumsi. Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata sepertiga volume air dalam kemasan mengandung atau terkontaminasi bahan kimia termasuk arsenic, nitrat, carcinogenic (pestisida untuk tanaman, cenderung menyebabkan penyakit kanker), dan bakteri koliform.
Sepertiga volume air yang diteliti – cenderung mengendap. Apakah di negara kita kebersihan air dalam kemasan lebih terjaga?

Kebersihan air dalam kemasan mungkin saja tidak terjaga dengan baik. Sebuah kelompok peneliti menemukan bahwa 10 merek produk air botolan terkenal dicemari bakteri dan bahan kimia berbahaya, sebagian bahkan hampir sama dengan air biasa. Jadi untuk apa Anda membelinya?

Hasil penelitian tentang kandungan air minum memang dipublikasikan, tapi hanya untuk air keran. Sebagian (atau bahkan semua) pabrik pembuat air kemasan tidak memberikan hasil tes tingkat kebersihan produk mereka. Salah satu alasannya adalah setiap merk memiliki ramuan rahasia yang memberi rasa berbeda pada air.

Berdasarkan perkiraan pemerintah Amerika, hampir 40 persen dari semua produk air kemasan sebenarnya hanya air biasa, seringkali tanpa tambahan apapun atau tidak diproses lebih lanjut. Banyak penelitian yang menguji kelayakan konsumsi air kemasan; dan 99 persen makanan yang di impor ke Amerika tidak pernah diuji kelayakan oleh FDA dan USDA.

Apakah di negara kita lebih baik?

SUMBER 1
SUMBER 2
SUMBER 3

No comments:

Post a Comment