Wednesday, June 12, 2013

8 Gelas Air Sehari

8 Gelas Air Sehari
Anjuran untuk meminum 8 gelas air sehari banyak sekali Anda temukan di buku, majalah, koran, bahkan dari nasehat dokter. Tahukah Anda jika hal ini sebenarnya hanyalah sebuah mitos, yang coba dipopulerkan oleh beberapa dokter dalam usaha mereka untuk menolak jenis minuman bersoda dan minuman lain yang mengandung gula. Para dokter tersebut memiliki tujuan baik, tapi pada kenyatannya tidak ada aturan bahwa setiap orang harus meminum air dalam jumlah yang sama setiap hari, yaitu 8 gelas.

Alannah DiBona, pemilik dan konsultan di Mind Body Sport Consulting, menjelaskan bahwa air dianggap sebagai cairan serbaguna dan bisa menghilangkan segala jenis penyebab penyakit dalam tubuh; dalam beberapa kasus, hidrasi memang membantu seseorang kembali ke keadaan optimal, tapi 8 gelas per hari belum tentu baik untuk setiap orang.

Apakah memang benar-benar ada perubahan kondisi kesehatan dengan mengikuti aturan 8 gelas sehari tersebut? Tentu ada, tapi mungkin tidak terlalu besar; artinya proses hidrasi tidak akan menyembuhkan Anda dari segala penyakit. Meminum air memberi energi, mencegah dehidrasi, dan mendorong seseorang unutk berjalan mondar-mandir mengambil air minum. Hal penting lainnya adalah tubuh manusia sering menganggap rasa haus sebagai rasa lapar, dan meminum air mungkin bisa mencegah kegemukan.

Alannah DiBona menambahkan bahwa memang hidrasi penting untuk tubuh manusia, tapi tidak terlalu penting untuk mengikuti suatu anjuran jumlah tertentu. Jika kita menelaah lebih lanjut, kebutuhan nutrisi tentu saja berbeda bagi setiap orang. Ada saatnya dimana Anda mungkin membutuhkan lebih sedikit nutrisi dari yang dianjurkan untuk kebanyakan orang. Tubuh kita butuh air, dan cairan ini bisa kita dapatkan dari buah, sayuran, dan jenis minuman lain.

Satu hal yang harus Anda tahu adalah jika tubuh Anda mendapatkan cukup hidrasi, urin Anda akan berwarna kuning. Anda tidak perlu meminum 8 gelas air setiap hari untuk itu.

No comments:

Post a Comment