Wednesday, June 12, 2013

Jika Sakit Berlanjut Hubungi Dokter

Resep Dokter
Resep dokter umumnya berisi nama-nama obat yang mungkin terdengar asing di telinga. Tapi bagaimanapun juga, walaupun Anda tidak tahu kandungan atau bahan-bahan yang digunakan untuk membuat obat tersebut, Anda tetap saja membelinya. Kombinasi zat kimiawi dalam obat dapat menyebabkan efek samping aneh bahkan membahayakan seperti di bawah ini.

  1. Kehilangan Sidik Jari

    Beberapa tahun lalu, pihak imigrasi Amerika Serikat menahan seorang dari Singapura selama beberapa jam setelah mengetahui dia tidak memiliki sidik jari. Menurut CNN, orang itu mengkonsumsi obat kemoterapi bernama capecitabine (Xeloda). Hilangnya sidik jari disebabkan karena kulitnya mengelupas sebagai efek samping obat.
  2. Kehilangan Ingatan

    Di film-film, amnesia sering digambarkan terjadi karena benturan keras di kepala akibat kecelakaan, perkelahian, atau sebab-sebab lain. Dalam dunia pengobatan, amnesia bisa terjadi karena mengkonsumsi obat-obatan. Efek samping ini biasanya diakibatkan oleh obat penenang atau obat tidur.
  3. Kelainan Indra Penciuman

    Beberapa pasien mengeluh tidak bisa mencium bau apapun setelah mengkonsumsi interferons; obat ini biasa digunakan untuk pasien hepatitis dan leukemia. Seorang pasien dari Kroasia sama sekali tidak bisa mencium bau-bauan setelah dua minggu mengkonsumsi obat ini. Kelainan ini tetap berlangsung bahkan setelah 13 bulan berhenti meminum obat itu.
  4. Judi

    Salah satu gejala penyakit Parkinson adalah ketidakmampuan menghentikan gerakan kaki walaupun saat posisi duduk atau terbaring. Ada sebuah obat bernama ropinirole (Requip) yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini. Tapi pembuat obat ini, GlaxoSmithKline, mengingkatkan bahwa konsumsi Requip bisa meningkatkan keinginan untuk berjudi.
  5. Tidur berjalan

    Dr. Mark Mahowald adalah direktur di Minnesota Regional Sleep Disorder Center. Pada tahun 2006, dia menyatakan bahwa pasien yang mengkonsumsi obat tidur bernama zolpidem (Ambien) bisa mengalami tidur sambil berjalan, makan, memasak, bahkan menyetir.
  6. Halusinasi

    Malaria adalah penyakit berbahaya, tapi untungnya bisa diobati dengan Mefloquine. Beberapa pasien mengaku mengalami halusinasi bahkan percobaan bunuh diri ketika dalam pengaruh obat ini. Sebuah laporan di CBS news mengatakan bahwa Lariam (obat ini memiliki kandungan Mefloquine) menyebabkan gangguan mental pada lebih dari 3000 pasien.
  7. Urin Aneh

    Urin umumnya berwarna kuning atau lebih terang. Jika Anda mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit bernama Indomethacin (Indocin), obat penenang Amitriptyline, atau obat bius Propofol (Diprivan), urin Anda mungkin akan berwarna biru.

No comments:

Post a Comment