Friday, June 7, 2013

Tubuh Manusia

Tubuh manusia memiliki kemampuan luar biasa dan dilengkapi dengan komponen-komponen hebat.
Tubuh Manusia

  1. Sekitar 80 sampai 90 persen dari semua jenis rasa yang kita nikmati, sebenarnya berasal dari indera penciuman, bukan pengecap.
  2. Jantung Anda berdetak sebanyak kurang lebih 35 juta kali dalam setahun. Rata-rata, jantung manusia berdetak sebanyak 2,5 miliar kali selama hidup.
  3. Tubuh Anda memiliki 5,6 liter darah. Cairan ini bersirkulasi dalam sistem metabolisme 3 kali selama satu menit. Jarak yang ditempuh dalam sehari mencapai 19,000 km – berarti 19 kali Anyer-Panarukan.
  4. Rata-rata, jantung manusia memompa 1 juta barrel darah – cukup unutk mengisi 3 kapal supertanker.
  5. Jika semua pembuluh darah dalam tubuh manusia direntangkan, panjangnya mencapai 100.000 km. Anda harus mengelilingi Bumi sebanyak 2,5 kali untuk menempuh jarak itu.
  6. Ketebalan kulit manusia rata-rata 2mm. Kulit mengambil 1/8 dari seluruh jumlah darah di tubuh.
  7. Tengkorak sepertinya hanya terdiri dari 1 tulang besar; sebenarnya ada 22 tulang yang membentuk tengkorak yang terhubung oleh sutures.
  8. Jika sistem pencernaan seorang manusia dewasa di rentangkan, panjangnya sampai sekitar 9 meter.
  9. Sel darah merah hanya bisa hidup sampai usia sekitar 4 bulan. Selama 4 bulan itu, mereka berkelana dalam tubuh dan memberi asupan gizi pada 60 triliun sel tubuh. Sel darah merah melakukan perjalanan dalam tubuh manusia sekitar 250.000 kali, sebelum mereka masuk kembali dalam tulang. Ada sebuah tempat dalam tulang dimana mereka dilahirkan dan kemudian kembali lagi untuk mati.
  10. Rambut manusia tumbuh sekitar 6mm setiap bulan dan terus tumbuh sampai usianya mencapai sekitar 6 tahun. Kemudian rambut itu rontok dan diganti dengan rambut baru.
  11. Mulut yang sehat menghasilkan 600 mililiter liur setiap hari – mungkin sekitar satu botol air minum ukuran sedang.

No comments:

Post a Comment