Friday, July 12, 2013

Balon Udara

Balon Udara
Mainan balon ditemukan oleh seorang fisikawan terkenal bernama Michael Faraday pada tahun 1824. Benda ini digunakan pertama kali bukan sebagai mainan, tetapi untuk alat eksperimen yang berfunsi sebagai tempat penyimpanan gas hasil percobaan ilmiah Faraday. Sedangkan balon udara yang memang difungsikan untuk penerbangan ditemukan oleh Montgolfier bersaudara yaitu Joseph-Michel Montgolfier dan Jacques-Etienne Montgolfier.

Sebagai pembuktian penemuan ini, balon udara dipertunjukkan di depan Raja Swedia pada tanggal 4 Juni 1784; saat itu, awak balon udara adalah seorang penyanyi opera Madame Thible; dia merupakan wanita pertama yang terbang menggunakan balon Montgolfier. Dia ditemani oleh Monsier Fleurant; balon itu pun dinamakan Le Fleurant.

Sebelum memakai awak manusia, balon Montgolfier mencoba diterbangkan dengan membawa seekor domba, bebek, dan ayam pada bulan September 1783; semua kru pesawat selamat.

Pada bulan Desember 1783, balon Montgolfier sebenarnya telah dicoba dengan memakai awak manusia yaitu Jean Francois Pilatre de Rozier dan Marquis d’Arlandes. Balon itu terbakar, tapi semua kru pesawat/balon selamat.

Jacques Charles juga pernah mencoba terbang menggunakan balon Montgolfier dari Paris pada tahun 1783. Saat terbang rendah, balon itu diserang oleh beberapa petani yang mengira Jacques Charles adalah setan. Untuk meredakan amarah para petani tersebut, Charless memberi hadiah champagne.

Pada tahun 1808, dua pria bernama de Grandpre dan le Pique bertarung/berduel dengan menaiki dua balon berbeda. Balon yang digunakan le Pique tertembak jatuh dan dia pun mati. Mereka bertarung karena memperebutkan seorang wanita.

Brian Jones dan Bertrand Piccard adalah dua orang pertama yang terbang mengelilingi dunia menggunakan balon pada tahun 1999. Mereka menempuh perjalanan selama 19 hari 12 jam 47 menit.

Malcolm Forbes, anak dari pendiri majalah Forbes, memiliki koleksi balon Montgolfier berbentuk unik antara lain bentuk Harley-Davidson dan kepala Beethoven.

No comments:

Post a Comment