Tuesday, May 14, 2013

Soft Drink Favorit Anda

Soft Drink Favorit Anda
Coca-cola telah membudaya di Amerika dan merupakan salah satu bisnis paling sukses di dunia. Tahukah Anda bahwa sebenarnya minuman yang sekarang dapat Anda beli dengan sangat mudah ini dulu merupakan sebuah resep obat? Soft drink ini ditemukan oleh seorang ahli farmasi dari Atlanta bernama John Pemberton dan seorang pasien sakit perut. Tahun 1886, John Pemberton menggunkan ramuan minuman ini sebagai obat saraf non-alkoholik. Ramuan ini dibuat menggunakan daun kola, biji koka, dan tumbuhan lain. Pemberton juga mencampurkan sirup dan air kemudian menjualnya di toko obat.

Ada seorang pasien datang dengan keluhan sakit perut; lalu dia meminta pada Pemberton untuk mengganti air biasa dengan air soda. Pada saat itu pula Pemberton merasa telah menemukan sesuatu luar biasa. Apakah Pemberton kemudian memproduksi minuman ini dalam skala besar lalu berhasil menjadi miliarder? Tentu saja tidak.

Beberapa waktu kemudian setelah dia berhasil menemukan resep sempurnanya itu, Pemberton sakit dan kekurangan uang. Dia terpaksa menjual hak cipta minumannya kepada sekelompok penjual obat seharga $350. Pemberton meninggal karena kanker tahun 1888.

SUMBER: Gregory Leland, Stupid History

No comments:

Post a Comment